Ini Lho, Tahapan Pasca Pengajuan Klaim Yang Harus Dilewati! " "
Fashion

Ini Lho, Tahapan Pasca Pengajuan Klaim Yang Harus Dilewati!

Ini Lho, Tahapan Pasca Pengajuan Klaim Yang Harus Dilewati!

Anda sudah melakukan pembayaran premi asuransi mobil dan telah melakukan proses pengajuan klaim saat mengalami kecelakaan, tapi prosesnya lambat? Perlu Anda ketahui, setelah melakukan proses klaim ada tahapan lainnya yang perlu untuk dilewati. Tidak perlu khawatir, proses ini biasanya tidak memerlukan waktu yang lama.

Selain memastikan Anda memilih asuransi All Risk atau TLO sesuai dengan nilai premi asuransi mobil, langkah selanjutnya adalah menunggu penanganan dari petugas perusahaan asuransi tersebut. Berikut beberapa langkah atau tahapan yang harus dilewati pasca pengajuan klaim:

  • Penanganan Dari Perusahaan Asuransi

Di tahap ini biasanya ada petugas yang melakukan survey klaim dalam rangka untuk membuktikan bahwa kecelakaan memang benar terjadi. Selain proses pembuktian, biasanya petugas survey juga akan melihat kondisi mobil yang mengalami kecelakaan. Setelah itu, mobil Anda akan dibawa ke bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, atau membawa mobil tersebut ke kantor cabang perusahaan asuransi.

Pada tahapan ini Anda harus menceritakan kejadian kecelakaan secara detail mulai dari awal hingga akhir kejadian. Petugas lalu akan mencocokkan keterangan yang diberikan dengan kerusakan yang dialami oleh kendaraan.

  • Menerima SPK

Setelah proses pemeriksaan dinyatakan benar adanya oleh petugas survey, sebelum hendak melakukan perbaikan Anda harus mendapatkan SPK atau Surat perintah kerja yang dibuat oleh perusahaan asuransi.

Surat ini berfungsi  sebagai pengantar/ izin untuk melakukan perbaikan kendaraan yang rusak di bengkel rekanan.

  • Pilih Jasa Bengkel Rekanan Yang Ditunjuk Perusahaannya Asuransi

Ketika SPK telah Anda miliki, kemudian lakukan perbaikan di bengkel yang telah ditunjuk. Hal ini bertujuan untuk memudahkan menerima layanan yang sesuai standar dan baik. Biasanya bengkel rekanan yang dipilih oleh perusahaan asuransi telah melalui uji kelayakan dan dapat dipercaya.

  • Lakukan Perbaikan Sesuai Ketentuan

Saat melakukan perbaikan di bengkel rekanan pastikan telah menerima persetujuan dari perusahaan asuransi, karena jika tidak maka penanggung tidak akan membayar klaim jika terjadi resiko kerusakan yang diakibatkan oleh perbaikan yang tidak sesuai prosedur.

Sebelum memilih asuransi, pertimbangan berbagai macam hal termasuk di dalamnya mengenai premi asuransi mobil yang harus dibayarkan. Berhati-hati selalu selama Anda di perjalanan, dan lindungi kendaraan roda empat dengan asuransi Autocillin.

Close