Perbedaan Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan " "
Bisnis

Perbedaan Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan

Pernikahan diawali dengan pertunangan. Pada momen pertunangan atau lamaran ini, pihak laki-laki memberikan cincin pertunangan kepada perempuan pilihannya sebagai bukti keseriusannya untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Pusat wedding ring terbesar di Indonesia menjadi saksi pemilihan cincin pertunangan tersebut.

Perbedaan Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan

Namun sebenarnya, apa sih perbedaan dari cincin pertunangan dan cincin pernikahan? Apakah keduanya sama atau memang berbeda? Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini akan diuraikan lebih lanjut mengenai perbedaan kedua cincin ini.

1. Kewajiban memberi

Cincin tunangan sifatnya adalah pilihan, artinya tidak wajib. Ada pasangan yang memberikan cincin tunangan pada saat lamaran, ada pula yang tidak. Ada atau tidaknya cincin pertunangan tidak mempengaruhi apapun. Sedangkan cincin pernikahan sifatnya adalah mutlak. Cincin pernikahan biasanya dijadikan mahar untuk meminang seorang perempuan.  

Ada pasangan yang memberi cincin pertunangan yang sekaligus menjadi cincin pernikahan. Ada juga yang pasangan yang memiliki keduanya. Apapun pilihanmu, sesuaikan budget untuk hal yang lebih penting dahulu.

2. Jumlah cincin

Cincin tunangan jumlahnya hanya satu, yaitu diberikan dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Laki-laki yang melamar seorang perempuan akan menyatakan kesungguhannya dalam bentuk sebuah cincin. Sebagai bukti lamaran tersebut diterima, pihak perempuan akan mengenakan cincin yang diberikan.

Cincin pernikahan jumlahnya ada dua karena akan dikenakan baik oleh pihak laki-laki maupun perempuan. Ini tidak hanya menjadi bukti kesungguhan, tapi juga menjadi bukti status pernikahan dari orang yang memakainya. 

3. Makna cincin

Cincin pertunangan lebih dimaknai sebagai sebuah keterikatan atau komitmen. Cincin pertunangan diberikan oleh pihak laki-laki sebagai kesunguhannya untuk segera melangsungkan pernikahan dengan perempuan pilihannya. Seorang perempuan yang telah memakai cincin pertunangan berarti sudah terikat komitmen dengan seorang laki-laki yang akan segera menjadi suaminya.

Makna cincin pernikahan lebih dari itu. Dikenakannya cincin pernikahan di jari manis, baik oleh laki-laki maupun perempuan, membuktikan bahwa dia sudah menikah dan menjadi pasangan yang sah.

4. Posisi pemakaian

Dalam tradisi barat, ada perbedaan posisi pemakaian antara cincin pernikahan dan cincin pertunangan. Cincin nikah dipakai di jari manis tangan kanan. Sedangkan cincin pertunangan dipakai di jari manis tangan kiri.

5. Bentuk cincin

Biasanya, cincin pertunangan memiliki desain yang lebih mewah dengan berlian di bagian tengahnya. Sedangkan cincin pernikahan memiliki desain yang lebih simpel. Pemilihan desain ini juga berkaitan dengan waktu pemakaian dan makna dari masing-masing cincin.

Cincin pernikahan memiliki desain lebih simpel karena akan dikenakan setiap hari. Oleh karena itu, bentuknya dibuat sesimpel mungkin tanpa meninggalkan kesan mewah dan elegan sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari dari pemakainya. 

Kamu pun bisa mencari cincin pernikahan yang sama mewahnya dengan cincin pertunangan di pusat wedding ring terbesar di Indonesia. Namun jangan lupa untuk tetap mengutamakan kenyamanan ketika memakainya.

6. Waktu pemakaian

Cincin pertunangan dipakai setelah menerima lamaran hingga tiba waktunya untuk menikah. Setelah menikah, kamu bisa menyimpan cincin pertunangan dan hanya memakai cincin pernikahan atau bisa juga memakai keduanya bersamaan. Cincin nikah akan kamu pakai selama 24 jam setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk memilih cincin nikah yang nyaman dipakai setiap hari.

Demikian 6 perbedaan cincin pernikahan dan cincin pertunangan. Apapun itu, pilihlah cincin terbaik untuk memaknai perjalanan cintamu. Kamu bisa mendapatkan kedua jenis cincin ini di pusat wedding ring terbesar di Indonesia. Ada beragam desain dan jenis cincin yang bisa kamu pilih, termasuk juga kategori cincin pernikahan dan cincin pertunangan. 

Related Articles

Close