Tips Menghadapi Tantangan Kerja Sambil Kuliah " "
Pendidikan

Tips Menghadapi Tantangan Kerja Sambil Kuliah

Ada banyak faktor yang memaksa seseorang untuk kerja sambil kuliah. Idealnya sebagian besar orang akan melanjutkan kuliah terlebih dahulu sebelum akhirnya bekerja. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkingkan bagi orang yang sudah bekerja untuk mengambil kuliah secara bersamaan. Kuliah sambil kerja bagi karyawan biasanya dikarenakan tuntutan pekerjaan atau karena masalah ekonomi. Apapun alasannya, bekerja sambil kuliah memberikan banyak pengalaman dan juga kesempatan yang tidak dimiliki oleh orang lain. 

STMIK Indo Daya Suvana menawarkan kesempatan untuk karyawan yang ingin menempuh kuliah dengan menggunakan kelas karyawan. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan bidang pekerjaan saat ini. Sebelum anda memutuskan untuk kerja sambil kuliah, ada beberapa  tantangan yang akan anda hadapi, seperti berikut ini.

Kerja Sambil Kuliah
Kerja Sambil Kuliah

Ngantuk saat kerja, lelah saat kuliah

Tantangan yang paling utama adalah mengantuk saat kerja dan lelah saat kuliah. Hal ini karena sebagian besar waktu anda akan tersita untuk bekerja dan kuliah. Sehingga waktu tidur dan istirahat semakin berkurang, terutama bila sedang mengalami ujian atau sedang banyak tugas. Mengantuk ketika bekerja dan lelah saat kuliah akan menjadi tantangan terbesar, namun anda tetap harus pandai menjaga kesehatan. Sebisa mungkin manfaatkan waktu untuk beristirahat bila memungkinkan seperti ketika berada di bus atau kereta dan sebagainya. 

Ketinggalan pelajaran

Ketinggalan pelajaran bagi mahasiswa yang bekerja adalah hal yang biasa. Hal ini karena karyawan lebih sering kerja lembur terutama bila pekerjaan di kantor sedang menumpuk. Untuk menyiasati pelajaran yang tertinggal, anda bsia meminjam catatan pada teman sekelas. Selain itu, usahakan juga untuk selalu mencatat setiap tugas yang diberikan agar tidak mudah lupa. Bangun hubungan yang baik dengan teman sekelas karena nantinya anda akan membutuhkan bantuan ketika mengejar pelajaran yang tertinggal atau sekedar bertanya deadline tugas. 

Telat masuk kuliah

Salah satu resiko kuliah sambil kerja adalah sering telah masuk kuliah. Terutama bagi karyawan yang memutuskan untuk kuliah di luar kota harus siap dengan resiko sering terlambat masuk kuliah. Untuk menghindari hal ini, anda bisa memilih universitas yang sekiranya dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja. Sehingga anda tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh dan berjuang diantara kemacetan. Bila perlu, komunikasikan dengan dosen tentang kondisi anda saat ini yang sedang bekerja sambil kuliah. Biasanya dosen akan memberikan kelonggaran bila dirasa memang tidak ada solusi lain untuk keadaan anda saat ini. 

Teman lain yang juga super sibuk

Sebagian besar teman di kelas karyawan adalah orang-orang yang berstatus karyawan juga. Sehingga rata-rata teman sekelas juga mempunyai kesibukan yang sama seperti anda. Beberapa bahkan mungkin akan susah dihubungi karena berbagai alasan. Bila anda terjebak dalam situasi seperti ini, anda bisa menyiasatinya dengan membagi tugas kelompok kepada masing-masing teman. 

Tagihan biaya kuliah sebelum gajian

Hal lain yang perlu diperhatikan dengan baik adalah masalah tagihan biaya kuliah yang datang sebelum gajian. Bagi karyawan yang merangkap kuliah, perencanaan keuangan harus dibuat secara terperinci. Usahakan untuk menyisihkan sebagian penghasilan, sehingga bila sewaktu-waktu tagihan biaya kuliah datang anda sudah siap. 

Tidak ada waktu libur

Melakukan dua aktivitas sekaligus dalam waktu yang sama memang akan menyita sebagian besar waktu. Anda harus siap bila waktu libur banyak digunakan untuk kuliah atau mengerjakan tugas. Berikan pemahaman tentang hal ini pada teman dan keluarga sehingga mereka bisa membantu mendukung keputusan anda. 

Related Articles

Close