Tips untuk Mendampingi Anak Penderita Hiperaktif " "
Uncategorized

Tips untuk Mendampingi Anak Penderita Hiperaktif

Proses tumbuh kembang anak sangatlah penting bagi setiap orang tua. Peran yang dimiliki orang tua dalam mendukung tumbuh kembang sang buah hati sangatlah penting. Setiap anak cenderung bergerak aktif dalam proses pertumbuhannya. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang ada disekitarnya. Pada masa kanak-kanak mereka bergerak dengan aktif seperti memiliki energi yang tidak ada habis-habisnya. Mungkin sebagian orang akan menyebutnya sebagai anak menderita hiperaktif. 

Hiperaktif pada anak merupakan kondisi yang menunjukkan bahwa anak memiliki aktivitas yang melebihi rata-rata atau bisa dibilang anak terlalu aktif bergerak. Terkadang mereka kurang mampu dalam mengontrol perilakunya dan bergerak aktif dalam menjelajah lingkungan di sekitarnya. Aktif dalam bergerak memang bagus untuk proses tumbuh kembang anak, namun apabila terlalu aktif tanpa terkontrol tentunya dapat merugikan anda dan buah hati. Berikut ini tips agar anak menderita hiperaktif dapat bergerak aktif dalam batasannya.

anak menderita hiperaktif
anak menderita hiperaktif

1.Atur pola hidup terstruktur

Peran orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak sangatlah penting, terlebih lagi bagi anak hiperaktif. Anda  dapat menciptakan pola hidup terstruktur dengan keteraturan agar kehidupan anak tenang dan terorganisir. Cukup dengan menentukan kapan waktu makan, mandi, tidur, dan bermain. Dalam memberikan instruksi pada anak sebaiknya dilakukan dengan terstruktur, singkat dan spesifik.

2. Menerapkan disiplin positif

Orang tua perlu untuk selalu memberinya kasih sayang dengan menghargai atau memuji setiap tindakan atau perilaku baik yang dilakukan oleh anak. Tidak hanya mengucapkan terima kasih, anda juga bisa memuji usaha yang dia lakukan untuk membantu anda. Dengan langkah tersebut, anak akan mengetahui tindakan apa saja yang baik dan perlu untuk dilakukan.

3. Melakukan aktivitas olahraga bersama

Anda dapat mendampingi anak dalam melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga ringan di siang hari. Berjalan, melompat-lompat, dan bermain bola adalah beberapa hal yang baik untuk dilakukan. Aktivitas olahraga tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur anak pada malam hari.

Penjelasan di atas merupakan tips dalam membantu anak menderita hiperaktif untuk melakukan kegiatan yang positif. Sehingga dapat mengontrol gerak anak yang terlalu aktif. Selain hal tersebut di atas, nutrisi pendukung tumbuh kembang anak juga diperlukan. Dancow Gum, membantu memberikan nutrisi pada anak di atas usia 1 tahun untuk tumbuh kembang yang baik. Berikan nutrisi tumbuh kembang anak untuk mendukung gerak aktifnya dengan Dancow Gum.

Related Articles

Close