" "
Bisnis

Wajib Tahu, 5 Ciri Pinjaman Dana Ilegal yang Harus Dihindari

Menjamurnya tempat mengajukan pinjaman uang secara online memang membuat sebagian masyarakat menjadi was-was, pasalnya mereka jadi sulit membedakan mana situs yang bisa dipercaya dan mana yang hanya abal-abal. Apalagi sekarang ini banyak situs online yang menawarkan pengajuan pinjaman dana dengan syarat yang super gampang. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa mendapatkan pinjaman merupakan hal yang didambakan banyak orang, terutama bagi yang berada dalam kondisi sangat mendesak untuk memenuhi beberapa kebutuhan penting seperti biaya pendidikan, berobat, modal usaha, serta sederet keperluan penting lainnya.

Apa Saja Ciri-ciri Situs Pinjaman Ilegal?

pinjaman dana
pinjaman dana

Namun, Anda tidak disarankan untuk mudah percaya pada situs pinjaman online. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik 5 ciri situs pinjaman online ilegal berikut ini, supaya Anda bisa lebih bijak dalam memilih tempat pengajuan utang.

Bunga Cicilan Mencekik

Jika situs pinjaman online tertentu menawarkan pencairan utang dalam waktu cepat namun memiliki bunga yang sangat tinggi dan mencekik, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk mengambil pinjaman di tempat tersebut. Lebih baik cari aman dengan menelusuri lembaga pembiayaan terbaik yang memberi nilai bunga sewajarnya.

Tidak Ada Di PlayStore

Nah, situs resmi dan legal juga pasti memiliki aplikasi resmi di PlayStore atau AppStore. Namun, apabila situs pinjaman online dari tempat peminjaman dana yang akan Anda ajukan tidak memiliki aplikasi, Anda juga patut curiga lho. Apalagi jika pihak yang menjadi kreditur mengirimkan tautan download aplikasi melalui SMS atau chat WA. Semakin mencurigakan dan tidak patut dipercaya.

Identitas Tidak Jelas

Sebuah instansi pembiayaan, biarpun menawarkan jasa secara online pasti tetap memiliki identitas perusahaan mereka dengan jelas. Sebuah situs wajib menyertakan alamat kantor, email, ataupun akun media sosial yang bisa diikuti.

Apabila situs yang menawarkan Anda pinjaman uang tidak memiliki alamat atau identitas yang bisa dipercaya, mending batalkan niat untuk mengajukan pinjaman di tempat tersebut. Cari saja situs terpercaya dan telah terbukti dengan baik.

Tidak Terdaftar OJK

Situs pinjaman online yang legal dan terpercaya sudah pasti terdaftar dan diawasi oleh OJK. Ini merupakan ciri yang paling penting dan benar-benar harus Anda perhatikan dengan baik, jangan sampai asal pinjam tanpa menelusuri latar belakang dari situs terlebih dahulu. Ingat, situs yang aman dan legal sudah pasti terdaftar OJK. 

Aplikasi Tidak Meyakinkan

Sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh OJK, aplikasi fintech hanya bisa mengakses 3 fitur penting dari smartphone Anda yaitu mikrofon, lokasi, dan kamera. Hal itu bertujuan untuk memudahkan dalam proses validasi data sebelum mengajukan pinjaman. Tentu saja Anda akan melakukan beberapa verifikasi penting termasuk foto KTP dan foto diri kan?

Namun, apabila aplikasi fintech sampai meminta izin untuk bisa mengakses kontak di ponsel Anda, sudah pasti ini patut dicurigai. Daripada berbuntut panjang yang tidak enak, lebih baik urungkan niat untuk meminjam uang di situs mencurigakan tersebut.

Ajukan Pinjaman Di BFI Finance

Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat pengajuan utang yang aman dan terdaftar OJK. BFI Finance sebagai lembaga pembiayaan yang telah lama membantu masyarakat yang butuh dana, bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengajukan utang.

Anda bisa memilih sendiri jenis pembiayaan yang ingin didapatkan, termasuk mendaftar secara online dengan mudah dan praktis. Mulai dari mengisi formulir pinjaman, mengajuka jenis pinjaman, konfirmasi atau validasi data oleh call center, survey dari pihak kreditur, dan dana akan cair dalam waktu yang cepat. Tunggu apa lagi, silahkan buktikan sendiri segudang manfaat mengajukan pinjaman dana di BFI Finance.

Related Articles

Check Also

Close
Close