" "
Uncategorized

Tips Memilih Produk Investasi Reksa Dana

Reksa Dana memang telah menjadi instrumen investasi yang digemari terutama untuk investor pemula. Hal tersebut lantaran instrumen investasi ini mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan modal besar. Bahkan Anda bisa membeli produk reksa dana hanya dengan Rp 10.000 saja di Manulife Reksa Dana. Namun banyaknya produk yang ditawarkan oleh perusahaan manajer investasi terkadang membuat Anda sebagai pemula kebingungan dalam memilih. Untuk memudahkan Anda memilih produk investasi reksa dana, berikut ini ada 4 tips yang bisa diikuti:

Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memilih produk reksa dana, Anda perlu mengetahui apa tujuan investasi yang akan dilakukan tersebut. Contohnya yaitu investasi untuk membeli mobil, membeli rumah, sebagai uang pensiun, atau biaya pendidikan. Jika sudah tahu tujuan investasi maka Anda bisa mengetahui jangka waktu untuk mencapainya.

Misalnya saja, tujuan investasi adalah untuk dana pensiun hingga 20 tahun mendatang maka reksa dana saham menjadi pilihan terbaik. Namun jika tujuan investasi untuk biaya pendidikan anak maka reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan karena risiko yang lebih rendah.

Pilih yang Sesuai dengan Profil Risiko

Ketika memilih produk reksadana, ketahui terlebih dahulu seberapa kuat Anda dalam menghadapi sebuah risiko investasi. Pasalnya setiap produk investasi pasti memiliki risiko masing-masing, dimana semakin tinggi return maka risiko juga semakin besar.

investasi reksa dana
investasi reksa dana

Pahami Kinerja Reksa Dana

Kinerja sebuah reksa dana bisa Anda lihat dari tingkat keuntungan yang dihasilkan produk di masa lalu. Meski tidak menjamin bahwa kinerja investasi di masa lalu akan sama baiknya dengan investasi di masa depan namun hal ini lebih baik dibandingkan Anda tidak melakukan pertimbangan terhadap kinerja sebuah reksa dana.

Pelajari Portofolio Saham

Tips terakhir yang bisa Anda ikuti yaitu dengan mempelajari portofolio saham. Produk reksa dana yang bagus pasti memiliki portofolio dengan kewajaran NAB dan likuiditas yang tinggi. Apabila portofolio tinggi maka manajer investasi akan lebih mudah dalam menjualnya ketika terjadi penarikan.

Itulah 4 tips yang bisa Anda ikuti saat kebingungan menentukan produk investasi reksadana yang akan dipilih. Jika masih ragu dengan pilihan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada customer service PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) atau kunjungi www.klikmami.com. Pasalnya, MAMI menawarkan total 24 produk mulai dari reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, hingga reksa dana campuran.

Related Articles

Close