" "
Kesehatan

Sayuran untuk Menu Makanan Pendamping ASI yang Baik

Mengenalkan berbagai jenis makanan bernutrisi penting untuk anak usia 6 bulan ke atas. Makanan bernutrisi dibutuhkan untuk si buah hati untuk mendukung proses tumbuh kembangnya secara optimal. Untuk itu, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) membantu buah hati bunda tumbuh dengan optimal. Pemberian MPASI tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bunda perlu mengetahui jenis makanan bernutrisi yang tepat untuk buah hati.

Melihat si buah hati tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu menjadi kebanggaan orang tua. Tidak heran apabila setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi dan bernutrisi untuk si buah hati. Jenis makanan bernutrisi yang baik untuk buah hati salah satunya adalah sayuran. 

Ketika si buah hati telah memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), mengenalkan makanan sehat tentu sangat penting. Selain daging dan buah, bunda perlu untuk menambahkan sayuran ke dalam menu MPASI buah hati. Pastikan untuk memberikan si buah hati sayuran yang mudah dicerna dan memiliki nutrisi yang baik. Beberapa jenis sayuran yang bisa ditambahkan ke dalam menu MPASI buah hati, seperti:

  1. Bayam

Bayam terkenal akan kandungan vitamin B, vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, mangan dan lain sebagainya. Nutrisi yang terkandung dalam bayam bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan tubuh anak. Bayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, sistem saraf, kesehatan mata, hingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

  1. Brokoli

Di dalam brokoli terdapat kandungan kalsium, asam folat, vitamin serta antioksidan yang baik untuk si kecil kesayangan Bunda. Tidak hanya bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang buah hati, brokoli juga baik dalam mencegah berbagai penyakit.

  1. Wortel

Wortel menjadi sayuran yang sering menjadi menu MPASI dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Menu pendamping ASI dengan wortel sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata anak, serta mampu memenuhi kebutuhan mineralnya.

  1. Labu Kuning

Labu kuning kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh buah hati. Selain itu, labu kuning juga kaya akan kandungan antioksidan, potasium dan vitamin C, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si buah hati. 

  1. Kentang

Kentang bisa menjadi salah satu menu makanan pendamping ASI (MPASI) yang baik untuk buah hati yang baru belajar untuk mengunyah. Kentang diperkaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi si buah hati.

Related Articles

Close