" "
Pendidikan

Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi: Apa yang Harus Diketahui?

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit dan bergengsi. Bukan hanya kedokteran umum, kuliah jurusan kedokteran gigi juga menjadi favorit. Prospeknya gemilang karena selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Tidak heran banyak orang tua yang ingin anaknya menempuh pendidikan dokter demi profesi yang bisa membantu banyak orang ini. Apakah Anda juga ingin mengambil kuliah dokter?

Dokter gigi merupakan profesi yang sangat menjanjikan. Banyak praktek dokter gigi yang selalu ramai pengunjung dengan berbagai keluhan. Ini membuktikan kalau eksistensi dokter gigi memang sangat dibutuhkan. Bukan hanya bisa menjadi sumber mencari pendapatan, tapi Anda juga bisa bermanfaat untuk banyak orang. 

Apa Itu Kuliah Kedokteran Gigi?

Jurusan Kedokteran Gigi merupakan salah satu prodi yang fokus pembelajarannya mengenai perawatan oral pada manusia yang ada di daerah mulut, terutama gigi, hingga pengobatan yang diperlukan untuk area tersebut. Ilmu ini berkaitan erat dengan syaraf yang ada pada kepala dan leher pasien, sehingga para dokter gigi juga harus menguasai ilmu kedokteran dasar. Selain mengenai pengobatan, aspek lain adalah keindahan pada area mulut, yaitu gigi dan gusi.

Sebagaimana kuliah kedokteran umum, kuliah untuk dokter gigi juga melalui sejumlah tahapan. Berikut tahapan-tahapannya:

Kuliah Jurusan Kedokteran
  • Sarjana

Sebelum menjadi seorang dokter gigi, Anda harus meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg) dulu. Tahap ini juga biasa disebut sebagai masa preklinik dengan kurun waktu sebagai jenjang sarjana lainnya yaitu kurang lebih selama 4 tahun.

  • Co-ass

Jika sudah lulus dan mendapatkan gelar S.Kg, selanjutnya wajib mengikuti program profesi yang disebut sebagai kasistensi (co-ass). Dalam masa co-ass ini, mahasiswa biasanya harus turun secara langsung ke lapangan serta menjalankan praktiknya di klinik gigi maupun rumah sakit.

Ada sejumlah rangkaian ujian yang harus diikuti, baik itu dari fakultas, departemen, serta ujian nasional. Apabila semua ujian bisa dilewati, Anda akan menyandang gelar dokter gigi umum (drg). Mengenai periodenya, co-ass biasanya selama 1,5 hingga 2 tahun. Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa hanya fakultas Kedokteran Gigi yang sudah terakreditasi A saja yang mempunyai program profesi.

  • Ujian Kompetensi 

UKDGI (Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia) adalah syarat untuk memperoleh sertifikat kompetensi sebagai dokter gigi. Seluruh dokter gigi harus mengikuti ujian ini. Ujiannya dilaksanakan selama 4 kali dalam waktu satu tahun dengan waktu pelaksanaan yang sama di seluruh Indonesia.

Apa Saja Mata Kuliah Kedokteran Gigi?

Anda akan belajar sejumlah hal mengenai teori ilmu kedokteran gigi dasar, periodonsia, konservasi gigi, endodontik, ilmu biologi oral, radiologi, dan masih banyak lagi. Bukan hanya teori, kuliah kedokteran juga memerlukan banyak praktik. Anda akan menghadapi berbagai praktikum guna melatih keterampilan dengan baik. Termasuk cara untuk mencabut gigi, memasang kawat gigi, serta mencetak gigi.

Beberapa mata kuliah di jurusan ini antara lain Ilmu Faal, Anatomi, Biokimia, Histologi, Ilmu Material Kedokteran Gigi, Mikrobiologi, Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat, Biologi Mulut, Ilmu Kedokteran Anak, Ilmu Kedokteran Gigi Anak, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mengambil jurusan Kedokteran Gigi, lebih baik memilih kampus terpercaya seperti Universitas Indonesia. UI telah bekerja sama dengan berbagai institusi untuk memberikan pendidikan terbaik sesuai perkembangan teknologi dengan riset inovatif.

Kuliah jurusan Kedokteran Gigi bisa lebih optimal di kampus terpercaya dan berkualitas. Segera cek informasi selengkapnya di website resmi. 

Related Articles

Close