Cara Membuat Menu Masakan Indonesia Sayur Asem " "
Resep

Cara Membuat Menu Masakan Indonesia Sayur Asem

Sayur asem adalah salah satu jenis sayur yang menjadi salah satu menu masakan Indonesia yang mudah untuk dibuat dan lezat. Sayur yang satu ini memiliki banyak sekali peminatnya dan sebagai salah satu jenis sayuran yang cocok untuk menu masakan harian. Selain itu, bahan – bahannya pun sangat mudah sekali untuk didapatkan baik melalui swalayan, bahkan Anda bisa mendapatkannya melalui pasar tradisional. Ingin mencoba mengolah masakan yang satu ini? Simak berikut cara membuatnya dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

1. Bahan – Bahan
Siapkanlah beberapa bahan seperti 1 bungkus aseman, 1 bongkol jagung, 6 buah cabe rawit, 5 buah cabai merah, 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1 ruas lengkuas, 2 buah kemiri, 2 lembar daun salam, 1 bungkus asam, garam secukupnya, gula merah secukupnya, air dan jangan lupa penyedap rasa secukupnya. Itulah bahan – bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat sayur asam jagung mudah dan juga lezat sebagai menu masakan Indonesia untuk olahan makanan rumahan.

Menu Masakan Indonesia

2. Cara Membuat
Setelah semua bahan – bahan menu masakan Indonesia ini, selanjutnya Anda tinggal mengolahnya. Pertama – tama 1 bungkus aseman yang berisi daun melinjo, biji melinjo, labu siam, kacang panjang, pepaya muda dan jagung potong sesuai dengan selera. Jagung dan pepaya jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu. Haluskanlah bawang merah, cabai, kemiri dan juga bawang putih. Rebus air secukupnya kemudian masukan jagung terlebih dahulu lalu masukan bumbu yang telah di haluskan kemudian lengkuas yang telah digeprek.

Masukan asam kedalam gelas lalu beri air, larutkan setelah itu tuang ke dalam rebusan air sedikit demi sedikit jika kurang asam maka Anda pun bisa menambahkannya kembali. Masukan garam, gula dan juga penyedap rasa secukupnya. Tes rasa, setelah pas lalu kemudian masukan pepaya, biji melinjo, kacang panjang, labu siam dan jika rasanya sudah pas terakhir masukan daun melinjo. Setelah matang Anda bisa memindahkannya pada wadah yang biasa Anda gunakan untuk menyimpan makanan. Sajikan selagi hangat sebagai masakan khas Indonesia untuk pelengkap nasi.

Tags

Related Articles

Close