3 Konsentrasi di Jurusan Desain Komunikasi Visual " "
Pendidikan

3 Konsentrasi di Jurusan Desain Komunikasi Visual

Salah satu jurusan di perguruan tinggi yang saat ini sedang banyak diminati adalah jurusan desain komunikasi visual atau yang biasa disebut DKV. Lulusan jurusan DKV dinilai memiliki prospek dan peluang kerja yang cukup baik mengingat perkembangan dunia digital visual saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa jurusan DKV ini juga memiliki konsentrasi yang beragam dengan materi pembelajaran yang berbeda-beda dan juga prospek kerja yang berbeda? 

Berikut beberapa konsentrasi yang ada di jurusan DKV agar Anda yang sedang merencanakan untuk memilih jurusan ini lebih mengenal serba-serbi konsentrasi yang bisa Anda pilih. 

Jurusan Desain Komunikasi Visual
Jurusan Desain Komunikasi Visual

1.DKV animasi

Konsentrasi pertama di jurusan DKV yang bisa Anda pilih adalah DKV animasi. Jika Anda pernah melihat kartun-kartun animasi di berbagai media, inilah konsentrasi yang tepat untuk mempelajari teknik tersebut. Dalam DKV animasi, Anda akan difokuskan pada dua kompetensi pembelajaran, yaitu animasi film atau computer generated imagery (CGI) yang sering digunakan pada pembuatan film saat ini, dan juga animasi game atau interactive animation

Dalam DKV animasi, Anda akan Anda akan mempelajari teknik untuk menampilkan gambar yang berurut dan menciptakan ilusi bergerak dari gambar diam yang ditampilkan berurutan. Disini Anda akan belajar ilmu animasi yang digabung dengan ilmu teknologi film. 

Prospek kerja untuk Anda yang memilih DKV animasi adalah animator, pembuat film, atau game developer. Materi-materi yang akan Anda pelajari di DKV animasi adalah menggambar karakter animasi, algoritma untuk  pemrograman, logika dasar matematika, dan teknik videografi.

2. DKV new media

Konsentrasi jurusan desain komunikasi visual lainnya adalah DKV new media. Perkembangan multimedia belakangan ini membuat media saat ini tidak hanya berbentuk cetak. Inilah yang dipelajari pada DKV new media. Anda akan mempelajari berbagai kanal media baru yang berguna sebagai media komunikasi, seperti sosial media atau merchandising

Konsentrasi DKV new media cocok bagi Anda yang tertarik pada ilmu komunikasi. Dengan DKV new media, Anda bisa mengembangkan kreativitas dengan karya gambar atau video dan menyisipkan pesan yang menarik untuk yang melihatnya dengan menggunakan sebuah konten visual. Pada konsentrasi ini, Anda akan mendalami materi seperti western & eastern art review, graphic reproduction method, new media, dan juga tipografi. 

3. DKV creative advertising

Ilmu DKV merupakan ilmu yang tidak bisa dipisahkan dari ilmu periklanan, seperti yang dipelajari pada konsentrasi DKV creative advertising. Pada konsentrasi ini, Anda akan mempelajari bagaimana teknik komunikasi dengan menggunakan konten visual. Teknik komunikasi semacam ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini dengan maksud untuk menyampaikan pesan dan tujuan dari si pemilik produk kepada publik dengan cara dan visual yang menarik. 

Konsentrasi DKV creative advertising akan membuat mahasiswanya untuk mengembangkan kreativitas dan mengeksplorasi ide-ide untuk bentuk komunikasi visual yang digunakan untuk pemasaran. Konsentrasi ini cocok bagi Anda yang tertarik dengan dunia visual dan periklanan. 

Selain periklanan, pada konsentrasi ini Anda juga akan mendapat ilmu seputar seni dan media  seperti broadcasting dan copywriting. Materi-materi yang diajarkan pada konsentrasi ini diantaranya adalah  computer graphic, copywriting, perilaku konsumen, dan manajemen pemasaran. 

Itulah beberapa konsentrasi yang ada pada jurusan desain komunikasi visual yang ada di lembaga pendidikan ids. Jika Anda masuk jurusan DKV, selanjutnya Anda bisa memilih konsentrasi mana yang sesuai dengan minat dan bakat Anda serta prospek kerja yang Anda inginkan nantinya. 

Related Articles

Close