" "
Bisnis

6 Cara Mengetahui Berlian Asli

Siapa yang tidak tahu tentang berlian? Salah satu perhiasan yang disukai wanita atau pria meskipun harganya mahal. Berlian adalah benda mineral alami yang terbentuk dari karbon. Seringkali berlian dijadikan simbol kejayaan dan kemakmuran.  Selain itu berlian juga sering digunakan sebagai hadiah atau aksesoris pribadi untuk menunjukkan statusnya. Tapi tahukah Anda? Bahwa berlian juga ada yang palsu. Salah satu cara mengecek keasliannya dengan memiliki berlian sertifikat dari GIA. 

Kenapa harus GIA? Memang banyak sekali lembaga yang bisa memberikan berlian sertifikat. Misalnya AGS, IGI, EGL, HRD, dan lain sebagainya. Namun yang sering dipakai adalah GIA. Karena GIA termasuk salah satu lembaga yang dipercaya dunia untuk mengeluarkan sertifikat berlian. Ada beberapa toko yang tidak mencantunkam sertifikatnya. Namun, belilah berlian di toko terpercaya yang memiliki sertifikat. Misalnya di Mondial dan Miss Mondial. Selain sertifikat, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memeriksa berlian tersebut asli atau palsu.

1. Tes embun

Cara pertama untuk memeriksa berlian yang dibeli asli atau palsu yaitu tes embun. Ini adalah cara termudah kedua setelah memeriksa memakai sertifikat yang dimilikinya. Caranya menghembuskan napas pada berlian seperti menghembuskan napas ke cermin.  Tunggu beberapa saat. Jika berembun, maka dipastikan berlian tersebut palsu. Karena berlian asli bisa menahan panas dan tidak akan berembun. Lakukan berkali-kali untuk memastikannya.

2. Lihat pantulan cahayanya

Pada berlian asli akan memiliki pantulan yang sangat indah. Seperti warna pelangi, namun juga ada yang berwarna putih atau abu-abu. Jika berlian itu palsu, maka pantulan cahaya yanh dimilikinya berada di dalamnya. Misalnya saja berlian Cubid Zirconia yang merupakan tiruan berlian yang paling sempurna. Jika dilakukan tes ini, maka terlihat pantulan cahanyanya yang begitu indah. Padahal berlian tersebut palsu. 

berlian sertifikat
berlian sertifikat

3. Meletakkan berlian di atas koran

Untuk menggunakan cara ini, pastikan pencahayaannya bagus dan tidak ada benda atau bayangan yang menimpa berlian tersebut. Lihatlah tulisan di bawah berlian. Jika terlihat maka dipastikan berlian tersebut palsu meskipun hanya sedikit. Jika asli, maka tulisan di bawahnya tidak terbaca. Cara ini sulit dilakukan jika berlian tersebut terlalu kecil. 

4. Memakai air

Cara selanjutnya adalah memakai air. Caranya sediakan air di dalam gelas, masukkan berlian tersebut. Untuk berlian asli akan tenggelam karena memiliki massa yang tinggi. Sedangkan yang palsu akan terlihat mengapung di dalam atau di atas permukaan air. 

5. Tidak mudah tergores

Berlian termasuk salah satu batu yang paling keras di bumi. Tingkat kekerasannya bisa mencapai sepuluh skala Mohs. Karena itu hampir tidak mungkin untuk mengirisnya. Meskipun dipukul atau dibanting dengan benda sekalipun, berlian asli tidak akan tercuil. Beda lagi jika berlian tersebut palsu, akan mudah tergores jika terbentur dengan benda lain. 

6. Memakai Diamond Loupe

Diamond Loupe adalah alat atau lup yang digunakan khusus untuk berlian sampai minimal sepuluh kali. Cara ini paling akurat karena bisa membantu melihat lebih detail. Misalnya untuk tepian berlian. Jika berlian asli, maka tepiannya berbentuk tajam. Beda lagi jika berlian tersebut palsu, maka tepian yang dimiliki akan berbentuk bulat. Berlian asli akan memiliki bercak atau inklusi, sedangkan yang palsu akan terlihat bersih. 

Enam cara di atas bisa dilakukan ketika membeli berlian selain berlian sertifikat. Namun cara terakhir hanya dilakukan oleh ahli berlian profesional. Tapi tidak ada salahnya dicoba. Yang paling aman, belilah batu berlian di toko yang terpercaya. Sehingga tidak tertipu oleh berlian palsu. 

Related Articles

Close