" "
Bisnis

Investasi di Reksa Dana Resmi Manulife

Menjatuhkan pilihan investasi di reksadana itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena investasi ini begitu mudah mulainya dan dapat dimulai dengan nominal yang kecil yakni Rp 100.000,-. Dengan investasi di reksadana resmi seperti pada klikmami / Manulife tidak perlu repot untuk rajin update informasi soal ekonomi, industri keuangan dan sejenisnya karena investasi kita sudah ditangani oleh manajer investasi.

Sedangkan bagian susahnya adalah bagaimana kita sebagai investor memilih manajer investasi selaku pihak yang mengelola reksadana resmi kita. Manajer Investasi di Indonesia itu jumlahnya lebih dari 85 perusahaan. Untuk memilih Manajer Investasi yang baik, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek bahwa Manajer Investasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

reksadana resmi
reksadana resmi

Kamu perlu mempelajari  kompetensi mereka dalam mengelola reksa dana, apakah secara konsisten memberikan kinerja yang baik. Selain itu cek pula kualitas pelayanan yang diberikan dan biaya-biaya yang dikenakan. Setelah memilih Manajer Investasi langkah selanjutnya memilih produk reksa dananya.

Produk reksa dana ini amat beragam dari yang risiko tinggi ada di reksa dana saham, untuk risiko moderat dapat memilih reksa dana campuran; kemudian risiko yang relatif rendah yakni reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Bagi kalian yang baru pertama kali investasi di reksadana resmi ada baiknya memilih produk reksadana dengan risiko rendah seperti reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.

Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko rendah karena mayoritas (80%) pengelolaan dana investasinya akan ditaruh di instrumen obligasi atau surat utang. Reksa dana ini cocok untuk kamu yang memiliki tujuan investasi jangka menengah (1 hingga 3 tahun). Meski memiliki risiko yang rendah, investasi ini dapat memberikan return (imbal hasil) yang lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito perbankan.

Sebagai informasi, sepanjang tahun indeks reksadana pendapatan tetap mampu menguat 10,72%. Jauh lebih tinggi daripada bunga tabungan dan deposito perbankan yang berada di kisaran 1% sampai 6%.

Related Articles

Close