" "
Bisnis

Cara Kerja Digital Marketing Agency Untuk Bisnis Anda

Kebutuhan pemasaran digital yang semakin tinggi membuat banyak bermunculan jasa digital marketing agency atau agensi pemasaran digital. Sesuai namanya, agensi ini berfokus pada layanan pemasaran digital seperti SEO, SEM, pembuatan website, pengelolaan konten, dan lain sebagainya. Dibandingkan membuat tim sendiri, menggunakan jasa agensi memang jauh lebih efektif dan efisien. Pasalnya membentuk tim yang solid membutuhkan waktu dan juga biaya untuk pelatihan.

Sebelum memilih jasa agensi yang akan membantu pemasaran digital, Anda mungkin penasaran bagaimana cara kerja mereka. Langsung saja, berikut ini pembahasan mengenai cara kerja sebuah agensi digital marketing:

Mengenali Jenis Bisnis

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengenali jenis bisnis Anda. Hal ini sangat penting karena jenis bisnis bisa membantu pengambilan keputusan yang tepat. Beberapa hal yang harus digali adalah jenis produk atau jasa, termasuk kebutuhan pokok, tersier, atau yang lain sebagainya. Anda sebagai klien harus memberikan informasi yang akurat kepada agensi agar mereka bisa mengerti dengan cepat.

Digital marketing agency

Memahami Segmen Pasar

Langkah selanjutnya adalah memahami segmen pasar. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis produk atau jasa pasti memiliki segmen pasar yang berbeda-beda. Artinya tidak semua orang membutuhkan produk atau jasa yang Anda butuhkan. Sebagai contoh produk hijab memiliki segmen pasar wanita muslimah, sementara produk kamera untuk mereka yang hobi fotografi. Mengetahui target pasar dapat membantu menentukan media yang tepat.

Memilih Media yang Tepat

Setelah memahami produk dan segmen pasar, hal yang dilakukan digital marketing agency selanjutnya adalah memilih media pemasaran. Ada cukup banyak media pemasaran yang bisa digunakan seperti Youtube, Instagram, Facebook, Marketplace, dan lain sebagainya. Jika produk Anda adalah hijab, Instagram dan Facebook lebih direkomendasikan karena penggunanya yang luas. Sementara produk kamera lebih cocok dengan Youtube atau Instagram yang bisa menampilkan video detail.

Membuat Funneling

Funneling merupakan proses yang dilakukan untuk menukar strangers menjadi customers. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua audiens akan menggunakan produk Anda. Oleh sebab itu, dibutuhkan funneling yang bisa membuat audiens biasa menjadi customers. Urutannya yaitu mengumpulkan audiens, membuat mereka tertarik, membuat audiens melakukan order, terakhir membuat audiens menjadi pelanggan tetap. Customer service dan pengelola media pemasaran berperan penting dalam funneling.

Membuat Ikatan Rantai Digital

Membuat ikatan rantai digital artinya agensi akan menghubungkan media satu dengan media lainnya. Ikatan rantai digital ini bisa meningkatkan experience pelanggan. Ketika pelanggan sudah merasa nyaman, maka kemungkinan kembali akan semakin tinggi. Pemilihan media sangat penting sehingga harus dipertimbangkan dengan baik.

Mengelola Iklan Digital

Pemasaran digital akan semakin sempurna jika menggunakan iklan berbayar. Beberapa contoh iklan berbayar yaitu Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, atau Endorse ke Influencers. Namun karena membutuhkan budget yang cukup besar, iklan ini harus dipertimbangkan dengan baik. Agensi yang berpengalaman bisa mengelola iklan digital dengan baik sehingga efektif dan efisien dari segi budget.

Itulah cara kerja digital marketing agency yang mungkin membuat Anda penasaran. Sebelum menjalankan campaign, agensi biasanya akan melakukan diskusi dengan klien. Anda bisa berkonsultasi, pemasaran seperti apa yang cocok dengan bisnis yang Anda miliki. Tertarik menggunakan jasa agensi digital marketing? IDEOWORKS.ID adalah agensi terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.

IDEOWORKS.ID sendiri adalah agensi yang berlokasi di Jakarta. Layanannya lengkap sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sudah banyak perusahaan level atas yang bekerja sama dengan agensi ini. Sekarang waktunya Anda mengembangkan bisnis dengan pemasaran digital yang tepat. IDEOWORKS.ID bisa diakses pada website www.ideoworks.id

Related Articles

Close