" "
Kesehatan

Cara Menjaga Berat Badan Ideal Kucing Agar Selalu Sehat

Kucing yang gemuk memang terlihat sangat menggemaskan. Namun perlu Anda ketahui bahwa berat badan yang berlebihan tidak baik untuk kucing. Beberapa risiko apabila kucing mengalami obesitas yaitu harapan hidup berkurang, diabetes, masalah pernapasan dan kardio, penyakit kardiovaskular, dan lain sebagainya. Anda wajib menjaga berat badan ideal kucing agar anabul selalu sehat. Lalu bagaimana cara menjaganya, berikut pembahasannya:

Mengatur Pola Makan

Melihat kucing yang makan dengan lahap tentu saja sangat menyenangkan bagi semua orang. Namun Anda tidak boleh membiarkan kucing terlalu banyak makan karena bisa menyebabkan obesitas. 

Jaga berat idealnya dengan cara diet atau mengatur pola makan. Beri makan kucing sesuai dengan porsi dan kebutuhannya dan jangan membebaskan mereka makan terlalu banyak. Porsi makan kucing sendiri sesuai dengan ras dan berat kucing.

Mengurangi Camilan

Beberapa orang melatih kucing dengan cara memberikan hadiah camilan. Hal tersebut bisa berakibat buruk jika dilakukan dalam jumlah yang berlebihan. Kurangi porsi cemilan kucing, ganti reward untuk mereka dengan hal lainnya misalnya mainan, diajak bermain, dan lain-lain. Jika sudah memberikan camilan terlalu banyak, Anda harus mengurangi porsi makannya.

berat badan ideal kucing

Mengajak Olahraga Secara Rutin

Menjaga berat badan pada kucing dilakukan dengan mengatur pola makan sebanyak 80% dan olahraga sebanyak 20%. Ajak kucing jalan-jalan setiap hari selama kurang lebih 30 menit. Selain jalan-jalan, Anda juga bisa mengajak bermain untuk membuat kucing lebih aktif.

Rutin ke Dokter Hewan

Cara menjaga berat ideal kucing yang terakhir yaitu rutin mengunjungi dokter hewan. Anda bisa berdiskusi dengan dokter apakah berat badan kucing sudah ideal atau belum. Jika berat badan sudah berlebihan hingga menyebabkan masalah kesehatan tertentu, dokter biasanya akan langsung turun tangan.

Itulah beberapa cara untuk menjaga berat badan ideal kucing Anda. Jangan sampai kucing Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, kucing juga tidak boleh terlalu kurus. Berikan makanan yang tepat dari Royal Canin untuk menjaga berat badan anabul. Jika berat badan mereka terjaga, maka harapan hidup juga lebih tinggi. Makanan kucing dari Royal Canin bisa Anda lihat di website www.royalcanin.com. 

Related Articles

Close