Resep

Perbedaan Gula Kuning Dengan Gula Premium Gulaku

Gula Kuning – Gulaku kini termasuk dalam produk gula yang laris di pasaran. Gulaku menyediakan beberapa macam produk berbeda, seperti Gulaku Tebu Kuning, Gulaku Premium, Gulaku Pouch, dan Gulaku Sugarstick. Namun jenis gula yang lebih familiar bagi para konsumen adalah Gulaku Premium dan Gulaku Tebu Kuning.

Bila dilihat dari luar, Gulaku Tebu  Kuning dan Gulaku Premium mempunyai warna kemasan yang berbeda. Gulaku Premium dikemas dengan warna hijau dan Gulaku Tebu Kuning dikemas dengan warna kuning. Namun ternyata hal ini terkadang membuat bingung pembelinya karena belum mengetahui sepenuhnya apa yang menjadi perbedaan kedua produk tersebut.

Secara umum, gula sendiri adalah hasil olahan tanaman tebu. Sebenarnya gula pasir tidaklah langsung berwarna putih. Ada yang berwarna kuning, cokelat, juga cenderung gelap. Tapi seiring perkembangan zaman, banyak konsumen yang meminta agar warna gula dibuat dengan warna lebih cerah. Hal ini disebabkan sebagian orang berpendapat bahwa yang lebih cerah berarti lebih bersih.

Gula kuning
Gula kuning

Gula pasir pun akhirnya mengalami proses rafinasi (penyulingan) sampai akhirnya berwarna putih bersih. Maka gula kuning sebenarnya merupakan gula yang belum melewati proses rafinasi. Setelah gula kuning yang mengalami proses penyulingan akan mengeluarkan molases. Saat penyulingan, gula dipisahkan dari molases maka warnanya berubah lebih cerah.

Maka Gula Kuning dari Gulaku memang berbeda dengan Gulaku Premium yang berwarna putih. Tidak hanya kemasan, perbedaan lainnya adalah gula pasir kuning rasanya lebih manis bila dibanding gula yang berwarna putih, sebab gula kuning belum mengalami proses rafinasi. Bahkan Gulaku Tebu yang berwarna kuning ini mempunyai aroma karamel. Aroma ini memang sangat wajar dipunyai oleh gula pasir kuning.

Maka dapat kita simpulkan bahwa gula pasir kuning memanglah memiliki rasa lebih manis daripada gula yang berwarna putih sebab belum banyak mengalami proses penyulingan. Dengan kandungan molasesnya, maka gula kuning mengandung mineral tertentu, seperti kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium yang tidak ada pada gula putih. Namun mineral tersebut hanya dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga tidak ada manfaat bagi kesehatan yang nyata.

Sedangkan penggunaannya, Gulaku Premium lebih cocok digunakan dalam membuat hidangan jeli, agar-agar, dan kue kering sebab warnanya tak memberi perubahan apapun. Tapi jika ingin membuat makanan maupun minuman dengan aroma karamel, Gula Kuning Gulaku dapat menjadi pilihan lebih baik.

Close