Menghemat Penggunaan Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak " "
Bisnis

Menghemat Penggunaan Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Umumnya layanan listrik PLN tersedia dalam sistem listrik pascabayar, yaitu memberlakukan penggunaan listrik di depan selama satu bulan, dan pembayarannya pada bulan berikutnya. Dan sistem pascabayar ini penagihan listriknya dilakukan dengan pencatatan dari rumah ke rumah. Sedangkan pelanggan mendatangi kantor cabang PLN terdekat atau outlet-outlet yang melayani pembayaran listrik untuk membayar tagihan nya. Tetapi sekarang untuk cek tagihan listrik ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu melalui online. Kamu bisa lakukan melalui smartphone, jadi tak lagi repot dengan mendatangi kantor PLN.

Cek Tagihan Listrik

Saat ini sudah banyak penyedia layanan cek tagihan listrik PLN secara online dan tersedia dalam berbagai bentuk, salah satunya melalui aplikasi ponsel PLN Mobile. Dengan aplikasi ponsel ini akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi layanan PLN, termasuk mengecek tagihan listrik dan pembelian token. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan aplikasi Jenius di handphone, yang sangat cocok untuk kamu yang selalu sibuk dengan jadwal kerja yang padat. Karena tentu akan merepotkan apabila harus datang ke loket pembayaran tertentu di waktu jam kerja.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan listrik sebagai penggerak utama peralatan sehari-hari, tentu akan semakin meningkat pula tagihan listriknya. Dan ketika melihat cek tagihan listrik membengkak, tentunya akan menambah biaya pengeluaran yang lebih besar. Untuk itu perlu berusaha melakukan menghemat penggunaan listrik yang berlebihan, seperti beberapa cara berikut ini 

  • Meminimalkan Penggunaan Pengering Mesin Cuci 

Salah satu alat elektronik yang menyerap daya listrik yang cukup besar adalah mesin cuci. Disaat musim panas, kamu bisa menghemat penggunaan listrik dengan tidak memakai pengering. Karena panas matahari sudah lebih dari cukup untuk mengeringkan pakaian yang sangat basah.

  • Mencabut Sambungan Listrik Jika Sudah Tidak Digunakan

Membiasakan diri mencabut charger ponsel, mencabut colokan printer, atau charger laptop. Kebanyakan cara ini sering disepelekan, padahal sangat membantu menghemat listrik. Dan pada saat cek tagihan listrik akan mengurangi biaya pengeluaran kamu.

  • Menggunakan Produk Elektronik Yang Hemat Energi

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak produk elektronik yang dibuat dengan teknologi hemat energi. Kamu bisa mengganti semua lampu di rumah dengan lampu LED, TV tabung atau TV LCD diganti TV LED. Karena beberapa merek elektronik besar juga sudah mulai mengeluarkan TV yang memiliki fitur hemat energi. Kamu juga bisa memilih AC dengan teknologi inverter dan gunakanlah daya sesuai kebutuhan. 

Related Articles

Close